Jumat, 03 Mei 2024

LA1 M3

[KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA]

 


LAPORAN AKHIR 1

1. Alat & Bahan[kembali]

a. Arduino Uno


 b. Keypad

         

          c. LCD 16x2




d. Jumper

 

e. Breadboard

         

2. Rangkaian [kembali]



3. Flowchart[kembali]





4. Listing Program[kembali]

// MASTER
#include <Keypad.h> const byte ROWS = 4; const byte COLS = 3; // Array to represent keys on keypad char hexaKeys[ROWS][COLS] = { {'1', '2', '3'}, {'4', '5', '6'}, {'7', '8', '9'}, {'*', '0', '#'} }; byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4}; byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10}; // Create keypad object Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS); void setup() { Serial.begin(9600); } void loop() { char customKey = customKeypad.getKey(); if (customKey) { Serial.write(customKey); } delay(20); }

//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup()
{
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
if (Serial.available())
{ message = Serial.read(); if (message) { lcd.print(message); } } }


5. Prinsip Kerja[kembali]

    Pada percobaan kali ini rangkaian terdiri dari dua arduino yang dihubungkan dengan komunikasi UART. Arduino 1 akan menerima input dari keypad, lalu akan diproses dan dilanjutkan kepada arduino 2. Kedua arduino akan saling berkomunikasi sehingga nanti output yang di kelarkan pada LCD akan sesuai dengan apa yang ditekan pada keypad tadi dari angka 1-9.

6. Video Percobaan[kembali]




7. Download[kembali]

Video  klik disini
Datasheet Arduino UNO klik disini
Datasheet Keypad 4x3 klik disini
Datasheet LCD klik disini









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL 4

    [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Pendahuluan 2. Tujuan 3. Alat dan Bahan 4. Dasar Teori 5. Percobaan Per...