LAPORAN AKHIR 1
1. Alat & Bahan[kembali]
a. Arduino Uno
b. Keypad
d. Jumper
e. Breadboard
2. Rangkaian [kembali]
3. Flowchart[kembali]
4. Listing Program[kembali]
// MASTER
#include <Keypad.h>
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 3;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3'},
{'4', '5', '6'},
{'7', '8', '9'},
{'*', '0', '#'}
};
byte rowPins[ROWS] = {7, 6, 5, 4};
byte colPins[COLS] = {8, 9 , 10};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
void setup()
{
Serial.begin(9600);
}
void loop()
{
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey)
{
Serial.write(customKey);
}
delay(20);
}
//SLAVE
#include <LiquidCrystal.h>
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
char message;
void setup()
{
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop()
{
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
if (Serial.available())
{
message = Serial.read();
if (message)
{
lcd.print(message);
}
}
}
5. Prinsip Kerja[kembali]
Pada percobaan kali ini rangkaian terdiri dari dua arduino yang dihubungkan dengan komunikasi UART. Arduino 1 akan menerima input dari keypad, lalu akan diproses dan dilanjutkan kepada arduino 2. Kedua arduino akan saling berkomunikasi sehingga nanti output yang di kelarkan pada LCD akan sesuai dengan apa yang ditekan pada keypad tadi dari angka 1-9.
6. Video Percobaan[kembali]
7. Download[kembali]
HTML klik disini
Video klik disini
Datasheet Arduino UNO klik disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar